Daftar Isi:
  • Strategi adalah suatu alat yang digunakan perusahaan untuk memenangkan persaingan dan mancapai tujuan perusahaan dengan konsep pengalokasian sumber daya perusahaan yang efisien dan efektif dalam situasi lingkungan yang berubahubah.Strategi merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi perubahan pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran,alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran terdapat beberapa faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran, yaitu: Daur hidup produk, posisi persaingan perusahaan di pasar dan situasi ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan analisis SWOT PRIMARASA Surabaya.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling yaitu dengan mengajukan daftar pertanyaan kepada pihak-pihak tertentu yang dianggap dapat mewakili populasi dalam memberikan keterangan. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis data dan analisis SWOT. Untuk menggunakan analisis SWOT digunakan alat bantu IFE dan EFE matriks.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi produk PRIMARASA pada IE Matriks berada pada sel V, dengan demikian strategi yang diterapkan adalah strategi Hold and Maintain. Strategi ini terdiri dari strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk, dimana diketahui bahwa total skor tertimbang untuk faktor internal sebesar 2,914061 dan total skor tertimbang untuk faktor eksternal sebesar 2,7954939.