Daftar Isi:
  • Pemasaran merupakan kebutuhan mutlak setiap dunia usaha, dari yang paling kecil dan sederhana sampai pada perusahaan yang berskala besar dan bahkan sangat besar. Produsen juga dalam mengenalkan produknya kepada konsumen harus memberikan rangsangan kepada konsumen yang berupa bauran pemasaran (harga,produk, tempat, promosi ). Ada berapa cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk, salah satunya cara promosi yang efektif adalah dengan menggunakan media iklan. Iklan merupakan salah satu instrumen pemasaran modern yang aktivitasnya idasarkan pada konsep komunikasi. Karena merupakan bentuk komunikasi maka keberhasilan dalam mendukung program pemasaran merupakan pencerminan dari keberhasilan komunikasi. Agar komunikasi efektif dan mencapai sasaran, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu pengaruh iklan terhadap perubahan perilaku pembelian, proses komunikasi dan pengambilan keputusan yang mempengaruhi perilaku serta target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan di televisi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian sabun cuci Attack di Surabaya Timur. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan yaitu para pengguna dan pembeli deterjen Attack. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan dengan bantuan Statistical Programs for Social Science (SPSS) versi 17.0.