PENGARUH ATRIBUT TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK (Studi Kasus pada PT. Bank Jabar Banten, KCP Raya Darmo Surabaya)
Daftar Isi:
- Atribut yang baik merupakan salah satu asset bagi perusahaan, karena atribut tersebut mempunyai suatu dampak pada setiap persepsi konsumen, dimana masyarakat akan mempunyai kesan positif terhadap produk dan perusahaan.Untuk mempertahankan dan meningkatkan pasar perbankan, diperlukan image dan persepsi yang baik terhadap produk dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut yang dijabarkan menjadi ciri khas yang menonjol, kemudahan pelayanan, suku bunga, tempat, dan promosi terhadap keputusan nasabah dalam menabung di Bank Jabar Banten KCP Raya Darmo Surabaya. Hasil penelitian ini didapatkan persamaan regresi : Y = 0,549 + 0,131 X1 + 0,155 X2 + 0,177 X3 + 0,166 X4+ 0,130 X5, pengujian model regresi dengan uji F diketahui bahwa keseluruhan variabel bebas ciri khas yang menonjol, kemudahan pelayanan, suku bunga, tempat, dan promosi secara simultan memberi pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah karena mempunyai Fhitung > Ftabel yaitu 173,213 > 2,311. Pengujian model regresi dengan uji t diketahui bahwa semua variabel bebas ciri khas yang menonjol, kemudahan pelayanan, suku bunga, tempat, dan promosi secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah, karena nilai thitung > ttabel. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian : Ciri khas yang menonjol (X1 ) : thitung (2,620) > ttabel (2,278), Kemudahan pelayanan (X2) : thitung (5,754) > ttabel (2,278), Suku bunga (X3) : thitung (3,286) > ttabel (2,278), Tempat (X4 ) : thitung (2,830) > ttabel (2,278), Promosi (X5) : thitung (2,415) > ttabel (2,278). Bank Jabar Banten KCP Raya Darmo Surabaya sebaiknya lebih memprioritaskan pengembangan kemudahan pelayanan dalam upaya meningkatkan citra perusahaannya, karena variabel kemudahan pelayanan mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah dalam menabung di Bank Jabar Banten KCP Raya Darmo Surabaya.