PENGARUH PRODUK, PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN TAMU DI JW MARRIOTT HOTEL SURABAYA
Daftar Isi:
- Hotel merupakan salah satu akomodasi komersial yang menyediakan pelayanan penginapan, makanan dan minuman bagi siapa saja yang memerlukannya. Persaingan di antara pengusaha hotel, dapat dilihat dengan adanya berbagai macam fasilitas tambahan yang ditawarkan oleh pihak hotel kepada konsumen. Tiap hotel berusaha memberikan nilai tambah yang berbeda terhadap produk dan pelayanan kepada konsumen. Hal ini dilakukan karena adanya kenyataan bahwa konsumen yang tidak puas terhadap barang atau jasa yang dikonsumsinya akan mencari penyedia barang atau jasa dari perusahaan lain yang mampu memuaskan keinginannya. Hotel JW Marriott Surabaya merupakan salah satu hotel berbintang lima yang berusaha memberikan produk serta pelayanan yang berkualitas kepada konsumen. Harga yang diberikan hotel JW Marriott Surabaya sebagai “five star hotel” sepadan dengan produk dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Hotel JW Marriott Surabaya juga memberikan harga promo yang terjangkau oleh masyarakat, serta ada fasilitas member bagi konsumen yang loyal. Selain itu, letak Hotel JW Marriott sangat strategis karena berada dekat dengan pusat perdagangan dan perbelanjaan, perkantoran atau pusat bisnis dan transportasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel produk, pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan tamu di Hotel JW Marriott Surabaya, baik secara simultan maupun secara parsial. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Adapun respondennya adalah konsumen atau tamu yang datang dan menginap di JW Marriott Hotel Surabaya yang berjumlah 100 orang,dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Dari hasil pengolahan data diperoleh F hitung sebesar 14,658 > F tabel 2,467 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05, sehingga disimpulkan bahwa variabel produk, pelayanan, harga dan lokasi secara simultan atau bersama–sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu di Hotel JW Marriott Surabaya. Pengaruh variabel produk, pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan tamu di Hotel JW Marriott Surabaya adalah sebesar 38,2% yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,382. Disimpulkan pula bahwa secara parsial variabel pelayanan dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu di Hotel JW Marriott Surabaya yang ditunjukkan dengan t hitung > t tabel 1,985 yaitu 2,692 dan 6,466 dengan nilai signifikansi < alpha 0,05 yaitu 0,008 dan 0,000. Sedangkan variabel produk dan harga secara parsial tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu di Hotel JW Marriott Surabaya yang ditunjukkan dengan t hitung < t tabel 1,985 yaitu 0,337 dan 1,071 dengan nilai signifikansi > alpha 0,05 yaitu 0,737 dan 0,287. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan tamu di Hotel JW Marriott Surabaya adalah lokasi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi parsial (r2) terbesar yaitu 0,3058 atau 30,58%.