FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI TELEPON SELULAR
Daftar Isi:
- Dalam menghadapi dunia persaingan yang sangat ketat dalam dunia telepon selular pada saat ini. Setiap perusahaan produsen telepon selular dituntut harus lebih inovatif dan kompetitif dalam menciptakan telepon selular yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen.Persaingan telepon selular saat ini tidak hanya di dominasi oleh perusahaan besar seperti Nokia, Samsung, Sony Ericsson, Motorola. Perusahaan telepon selular Cina pun mulai mecoba pasar Indonesia yang dinilai cukup besar dan masih banyak peluang guna mendapat keuntungan, meskipun pasar yang dimiliki belum sebesar Nokia yang telah lama berada di Indonesia. Tiga tahun terakhir dari tahun 2007 sampai pertengahan 2009, Nokia memang masih menjadi market leader di pasaran telepon selular, tetapi harus kita perhatikan juga bahwa secara persentase pasar yang dimiliki oleh Nokia menurun tiap tahunnya. Pada tahun 2007 Nokia menguasai pasar telepon selular sebesar 87,7 %, Tahun 2008 Nokia hanya menguasai 84,1%. Awal tahun 2009 sampai pertengahan tahun 2009 Nokia mengalami penurunan menjadi 79,3% dari keseluruhan pasar yang ada. Jenis kelamin responden yang dijadikan penelitian di dominasi oleh konsumen laki-laki yaitu sebesar 69 % sedangkan sisa responden perempuan 31 % dengan rentang usia dari 21 tahun- 25 tahun. Dalam penelitian analisis faktor yang akan dilakukan terhadap responden yang berdomisili di wilayah Surabaya Utara menghasilkan variabel-variabel sebagai berikut : X1 (merek), X2 (harga), X3 (kualitas), X4 (Promosi), X5 (Service center),X6(kualitas suara), X7(desain produk), X8 (Purna jual), X9(Distribusi), X10(Gengsi produk), X11 (Ketahanan), X12(kamera), X13 (sparepart), X14 (Internet/WIFI), X15(3G), X16 (Bluetooth/infrared), X17 (kapasitas memori), X18 (Radio), X19 (Menu pilihan), X20 (Ukuran layar).Setelah dilakukan analisis faktor terhadap data sampel menghasilkan 5 faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli telepon selular. Hasil dari penelitian ternyata mengelompokkan variabel X1 (merek) ke dalam faktor kelima/faktor yang paling lemah dalam mempengaruhi konsumen dalam membeli telepon selular, dan X2 (harga) ke dalam faktor keempat. Faktor ketiga ditempati variable X10 (gengsi produk) yang member pengaruh sekitar 50%. Faktor kedua yang mempengaruhi adalah variaabel X13(sparepart), X4(promosi), X8(purna jual). Faktor 1 yang paling mempengaruhi konsumen dalam membeli telepon selular terdiri dari variabel X3 (kualitas), X11 (ketahanan), X6 (kualitas suara), X9 (distribusi), X7 (desain produk), X5 (service center), X16 (bluetooth/infrared), X19 (menu pilihan), X14 (internet), X12 (kamera), X20 (ukuran layar), X15 (3G), X17 (kapasitas memori), X18 (radio).