PENGARUH PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. HERVI, SURABAYA
Daftar Isi:
- Pertumbuhan sektor ekonomi terutama perusahaan manufaktur sangat pesat,sehingga perusahan harus mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam menetapkan harga jual. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan informasi biaya per unit untuk mengambil keputusan jangka pendek seperti menerima atau menolak pesanan khusus. Dengan metode variabel costing dan full costing, perhitungan harga pokok penjualan yang dihasilkan dapat mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh perusahaan. Metode full costing menekankan laba jangka panjang dan tidak relevan digunakan dalam penentuan harga jual jangka pendek, sedangkan metode variabel costing bermanfaat untuk menentukan harga jual jangka pendek.Perusahaan mendapat tawaran pesanan khusus dengan harga Rp. 250 per lembar maka perusahaan akan menerima pesanan tersebut dengan pesanan minimal 45.000 lembar dan apabila perusahaan mendapat tawaran pesanan khusus dengan harga Rp. 300 per lembar maka perusahaan akan menerima pesanan tersebut dengan pesanan minimal 30.500 lembar. Apabila pesanan khusus tersebut kurang dari minimal pesanan, maka biaya tetap yang ada tidak dapat tertutupi semuanya, sebagai contoh dengan harga pesanan khusus Rp. 300 per lembar, unit yang dipesan 20.000 lembar, dan biaya tetap yang tidak dapat tertutupi adalah Rp.1.570.660,238. Dengan adanya pesanan khusus tersebut perusahaan dapat menghasilkan contribution margin guna menutup biaya tetap dan hal tersebut merupakan sesuatu yang lebih baik daripada harga jual yang tidak menghasilkan contribution margin sama sekali.Dengan kapasitas perusahaan yang masih belum terpakai sepenuhnya, maka menurut metode variabel costing, pesanan tersebut akan diterima meskipun harga jual yang ditawarkan untuk pesanan khusus lebih rendah daripada harga pokok total dan jumlah atau unit yang dipesan kurang dari pesanan minimal karena dengan menerima pesanan tersebut dapat menghasilkan tambahan contribution margin yang dapat menaikkan laba bersih. Metode variabel costing adalah metode yang relevan yang dapat digunakan untuk menentukan harga jual jangka pendek sehingga dapat digunakan dalam membuat keputusan menerima atau menolak pesanan khusus.