Aplikasi Augmented Reality (AR) dengan Metode Marker Based sebagai Media Pengenalan Hewan Darat pada Anak Usia Dini menggunakan Algoritma Fast Corner Detection (FCD)

Main Authors: Syahputra, Adryan, Andryana, Septi, Gunaryati, Aris
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KITA Institut , 2020
Online Access: http://journal.lembagakita.org/index.php/jtik/article/view/164
http://journal.lembagakita.org/index.php/jtik/article/view/164/pdf
http://journal.lembagakita.org/index.php/jtik/article/downloadSuppFile/164/11
Daftar Isi:
  • Pendidikan pada anak tidak hanya belajar dari buku saja, dengan berkembangnya teknologi pendidikan bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan teknologi seperti komputer, smartphone atau gadget. Penggunaan aplikasi Augmented reality bisa dijadikan contoh dalam pembelajaran pada anak usia dini dengan memperkenalkan hewan darat secara 3D. Penelitian ini bertujuan memberikan edukasi khususnya pada anak mengenai pengenalan dari hewan-hewan darat dengan memanfaatkan teknologi augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode marker-based tracking dan algoritma fast corner detection. Hasil dari penelitian menghasilkan sebuah aplikasi yang didalamnya berisi pengenalan hewan darat yang terdiri dari hewan anjing, kuda, kanguru, kucing, serigala, gajah, rusa, unta, jerapah, dan sapi. Informasi singkat mengenai masing-masing hewan, yang dirancang semenarik mungkin untuk anak-anak. Aplikasi dapat berjalan pada sistem operasi android.Kata Kunci:Augmented reality, Objek 3D, Marker Based, Fast corner detection.
  • Education in children is not only learning from books, with the development of educational technology it can be done using technological equipment such as computers, smartphones, or gadgets. The use of the Augmented reality application can be used as an example in learning in early childhood by introducing land animals in 3D. This study aims to provide education, especially to children, about the introduction of land animals by utilizing augmented reality technology. This research uses a marker-based tracking method and a fast corner detection algorithm. The results of the study resulted in an application that contained the introduction of land animals consisting of dogs, horses, kangaroos, cats, wolves, elephants, deer, camels, giraffes, and cows. Brief information about each animal, designed to be as attractive as possible for children. Applications can run on the Android operating system.Keywords:Augmented reality, 3D Objects, Marker Based, Fast corner detection.