Analisis Kritis Kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) Dalam Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Kabupaten Bengkulu Selatan

Main Author: Ani Jayanti, Ani Jayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/72/1/ANI%20ANJANI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/72/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ani Jayanti, 2016. NIM 2143020608. ” Analisis Kritis Kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam Perkembangan lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Bengkulu Selatan”. Pembimbing I: Dr. Poniman, S.Ip., M.Hum., dan Pembimbing II: Dr. Ujang Mahadi, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh informasi yang diproleh oleh peneliti, bahwa NU sudah lama masuk ke Kabupaten Bengkulu Selatan, namun hakikatnya tidak banyak bukti-bukti keberadaan NU awal tersebut. Masuknya NU terlihat dari lembaga pendidikan Islam di sana, seperti: minimnya Pondok Pesantren, dan belum ditemukannya pendidikan Islam formal yang murni mengatas namakan Lembaga NU yang masih berdiri pada masa sekarang, misalnya Madrasah NU, Sekolah Ma‟arif atau Universitas Nahdatul Ulama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam perkembangan lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kedua, faktor-faktor penghambat kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam perkembangan lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang membahas tentang analisis kritis kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam perkembangan lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan analisis kritis kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam perkembangan lembaga pendidikan Islam di kabupaten Bengkulu Selatan. Adapun dari hasil penelitian ini adalah pertama, Nahdlatul Ulama (NU) memberikan kontribusi berupa non materi kepada lembaga pendidikan Islam formal di Kabupaten Bengkulu selatan. Kedua, Nahdlatul Ulama (NU) memberikan kontribusi tidak mengatasnamakan organisasi. Ketiga, kader-kader Nahdlatul Ulama (NU) kurang terorganisir. Kata Kunci: Kontribusi, NU dan Pendidikan Islam.