Pengaruh Harga Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Rahn Di PT Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Simpang Skip Kota Bengkulu

Main Author: Sirma, Ragini Atwindaya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/573/1/Ragini%20Atwindaya%20Sirma.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/573/
Daftar Isi:
  • Ragini Atwindaya Sirma NIM: 212 313 8442 yang berjudul “Pengaruh Harga Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Rahn Di PT Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Simpang Skip Kota Bengkulu.” Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah memilih produk rahn di Pegadaian Syariah Bengkulu, (2) seberapa besar pengaruh harga terhadap minat nasabah memilih produk rahn di Pegadaian Syariah Bengkulu. Adapun jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantatif asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah aktif produk rahn di Pegadaian Syariah Bengkulu yang berjumlah 634 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Populasi yang dijadikan sampel yang berjumlah 64 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji validitas data ialah metode Bivariate Person sedangkan uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach. Uji normalitas menggunakan metode Kolmomogorov-semirnov, uji homogenitas menggunakan uji levene test. Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable harga mempengaruhi minat nasabah memilih pruduk rahn di Pegadaian Syariah Bengkulu sebesar 0,070 atau 7% . Kata kunci: harga, rahn, minat nasabah.