PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DL (DISCOVERY LEARNING) BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 99 KOTA BENGKULU
Main Author: | Mediansyah,, Mediansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4954/1/MEDIANSYAH_PGMI.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4954/ |
Daftar Isi:
- Dunia pendidikan saat ini menuntut proses pembelajaran aktif dan berpikir tingkat tinggi pada siswa. DL berbasis HOTS diarapkan mampu meningkatkan hasil belajar sisiwa pada mata pelajaran IPA SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran DL berbasis HOTS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metodologi jenis kuantitatif dengan instrument tes dan pengambilan data melalui pretest dan posttest pada kelas control dan eksperimen pada kelas V SDN 99 Kota Bengkulu. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis inferensial (ujihipotesis). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran DL berbasis HOTS dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 99 Kota Bengkulu yakni dengan nilai signifikan dan nilai post test sebesar 3,83.