PENGARUH ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMKS 15 KOTA BENGKULU

Main Author: Julita,, Tri Anggraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4953/1/SKRIPSI%20JULITA%20TRI%20ANGGRAINI%20NIM.%201611210265.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4953/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta 15 Kota Bengkulu, (2) pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta 15 Kota Bengkulu, (3) pengaruh yang signifikan secara simultan (bersama-sama) antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eks-post fakto dengan populasi siswa SMK Swasta 15 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling pengambilan anggota sampel secara acak sehingga diperoleh 52 orang siswa sebagai sampelnya. Pengambilan data penelitian menggunakan angket berupa soal pernyataan 20 butir mengenai kecerdasan emosional dan 20 butir mengenai motivasi belajar. Teknik Analisis data menggunakan regresi berganda dengan dua pridektor. Hasil penelitian ini telah membuktikan tiga hal. Pertama, terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta 15 Kota Bengkulu, hal ini ditunjukkan dari thitung > ttabel (3,25 > 2,008). Kedua, tidak terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta 15 Kota Bengkulu yang ditunjukkan dari thitung < ttabel (1,2129 < 2,008). Ketiga, terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta 15 Kota Bengkulu yang ditunjukkan dari fhitung < ftabel (5,5024 > 3,19). Atas dasar ini terbukti bahwa kecerdasan emosional dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.