PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA FAKULTAS USHULUDIN ADAB DAN DAKWAH (FUAD) IAIN BENGKULU

Main Author: Alwin,, Syaputra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4870/1/SKRIPSI%20ALWIN.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4870/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Qur‟an terhadap kecerdasan emosional. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data mengunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif FUAD IAIN Bengkulu berjumlah 1.290. Sampel dalam penelitian ini adalah 129 orang mahasiswa FUAD semester 8. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji-t. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan peneliti maka disimpulkan bahwa hasil uji-t didapatkan nilai tsig sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh intensitas membaca alquran terhaap kecerdasan emosional mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bengkulu variabel intensitas membaca alquran (X) mempengaruhi variabel kecerdasan emosional (Y) sebesar 34,3 %, memberikan sumbangan sebesar R Square = 0,344 atau 34,4 % dalam mempengaruhi kecerdasan emosional pada mahasiswa FUAD IAIN Bengkulu termasuk dalam kategori rendah sedangkan sisanya dipengaruh oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti seperti melakukan sholat karena sholat merupakan hal yang wajib dan membuat jiwa menjadi tenang sehingga dapat mempengaruhi kecerdasan emosional. Hal lain seperti motivasi diri juga mempengaruhi kecerdasan emosional karena perasaan emosi sebagai alat untuk meningkatkan kecerdasan emosional