PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 90 SELUMA

Main Author: Redho,, Permadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4859/1/SKRIPSI%20REDHO%20BARU-dikonversi.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4859/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 90 Seluma.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 90 Seluma. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu desain ini menggunakan kelompok kontrol dan eksperimen, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 90 Seluma. Penggunaan model pembelajaran VCT (Value Clarificate Technique) pada proses pembelajaran sangat berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran VCT (Value Clarificate Technique) siswa dibentuk diskusi kelompok. Hal ini dapat dilihat dari thitung yang diperoleh adalah 5,248 sedangkan ttabel=2,042 maka thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5%. Hipotesis kerja yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 90 Seluma dapatditerima.