STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KT]RIKULUM 2013 DI SDN 104 KOTA BENGKULU

Main Author: Tia,, Wahyu Nengsi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4818/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20TIA%20WAHYU.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4818/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif untuk meneliti strategi pembelajaran dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di SDN 104 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di SDN 104 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan strategi pembelajaran dalam pengimplementasian kurikulum 2013 guru di SDN 104 Kota Bengkulu telah menggunakan strategi pembelajaran problem based learning dan discovery learning pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru di SDN 104 kota bengkulu telah memahami bahwa kurikulum 2013 ditekankan pada pembentukan karakter sehingga sikap siswa juga harus dinilai walaupun pada kurikulum KTSP tidak eksplisit dinyatakan, namun guru sudah menekankan pendidikan karakter kepada siswa. Tetapi karena dengan kemampuan belajar siswa-siswi yang berbeda-beda baik secara akademik ternyata dapat menghambat penerapan strategi pembelajaran dan keaktifan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung, begitupun dengan sarana dan prasarana yang kurang juga dapat menghambat terlaksananya strategi pembelajaran kurikulum 2013.