STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Main Author: | Nani,, Anggraeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4806/1/SKRIPSI%20NANI%20ANGGRAENI.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4806/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam pada peserta didik tunanetra di sekolah luar biasa (SLB) Negeri 1 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui fakor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran bagi peserta didik tunanetra dalam proses pembelajaran PAI di sekolah luar biasa (SLB) Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan Data menggunakan observai, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, kecukupan resensi dan menghadiri penelitian. Teknik analisis data adalah teknik deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam pada anak tunanetra yakni menggunakan strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran pengalaman. Metode yang digunakan oleh guru PAI yakni metode ceramah. Adapun Faktor penghambat dan pendukung yakni Terdapat tiga faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran pada peserta didik tunanetra di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu yaitu pengamalan keagaman peserta didik yang sudah baik, tingkat pengetahuan peserta didik mengenai keagamaan yang sudah baik dan dukungan dari pihak sekolah kepada guru dengan adanya fasilitas berupa media pembelajaran untuk anak tunanetra. Untuk faktor penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran pada peserta didik tunnetra di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu adalah psikologis peserta didik yang tidak stabil.