KOMUNIKASI DAKWAH PEDAGANG PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU

Main Author: Deva Ashari, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4795/1/MUHAMMAD%20DEVA%20ASHARI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4795/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji persoalan : 1) Bagaimana komunikasi dakwah yang terjadi antar pedagang pakaian di pasar panorama kota Bengkulu? 2) Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung terbangunnya komunikasi dakwah antar pedagang pakaian di pasar panorama kota Bengkulu?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana komunikasi dakwah yang terjadi antar pedagang pakaian di Pasar Panorama Kota Bengkulu serta untuk menjelaskan faktor-faktor penghambat dan pendukung terbangunnya komunikasi dakwah antar pedagang pakaian di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Komunikasi yang dilakukan oleh para pedagang pakaian di Pasar Panorama Kota Bengkulu merupakan komunikasi yang mengandung nilai-nilai agama Islam (komunikasi dakwah). Hal tersebut didukung oleh para pedagang pakaian yang telah melakukan kegiatan-kegiatan seperti mengucapkan salam ketika bertemu, saling mengingatkan terkait masalah sholat, ghibah, serta membaca Al-Qur‟an. 2) Faktor yang menjadi penghambat dari terbangunnya komunikasi dakwah di Pasar Panorama Kota Bengkulu yaitu perbedaan pendapat serta pola pikir disetiap individunya. Faktor pendukung komunikasi dakwah pedagang pakaian pasar panorama kota bengkulu yaitu lingkungan, perkumpulan serta kesadaran diri.