PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 SELUMA KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA

Main Author: Nur,, Anisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4785/1/SKRIPSI%20NUR%20ANISA%20NIM.%201516210279.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4785/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 3 Seluma, mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 3 Seluma, dan mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 3 Seluma. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Data yang di dapat yaitu dari hasil angket atau kuisioner dan evaluasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh dari Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih dengan nilai t hitung = 2,070 dengan nilai p = 0,043. Karena t hitung 2,070 > t tabel 2,003 atau nilai p 0,043 < 0,05 maka secara statistik dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Motivasi berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih dengan nilai t hitung = 2,127 dengan nilai p = 0,038. Karena t hitung 2,127 > t tabel 2,003 atau nilai p 0,038 < 0,05 maka secara statistik dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media motivasi terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih karena F hitung > F tabel atau 12,560 > 3,158 hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri 3 Seluma.