PELAKSANAAN KURIKULUM PROGRAM UNGGULAN DI MADRASAH ALIYAH AR RAUDAH KABUPATEN SELUMA
Main Author: | Weni,, Saputri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4554/1/SKRIPSI%20WENNY.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4554/ |
Daftar Isi:
- Peneliti mengangkat masalah mengenai: Pelaksanaan Kurikulum Program Unggulan Di Madrasah Aliyah Ar-Raudah Kabupaten Seluma. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum program unggulan di Madrasah Aliyah Ar-Raudah Kabuparen Seluma dan mengetahui hambatan atau kendala kurikulum program unggulan di Madrasah Aliyah Ar-Raudah Kabuparen Seluma Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian sebanyak 7 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru, siswa dan wali murid teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberamn, analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan terakhir kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pelaksanaan program unggulan membaca dan menghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Ar-Raudah Seluma sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan guru dalam melaksanakan program unggulan baik kesiapan fisik maupun psikologi guru, kesiapan materi pembelajaran yang sudah disusun dan dirancang sehari sebelum materi tersebut diberikan kepada para siswa, fasilitas dan kesiapan siswa dalam pelaksanaan program unggulan. Hambatan-hambatan yang dialami guru dan Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Ar-Raudah Seluma dalam pelaksanaan program unggulan membaca dan menghafal Al-Qur’an adalah keterbatasan waktu, tenaga pendidika yang masih kurang jumlahnya, penggunaan fasilitas yang tidak maksimal dan hambatan dari siswa.