PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KECAMATAN SUKARAJA KOTA BENGKULU

Main Author: Chikita,, Varerawanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4543/1/SKRIPSI%20CIKITA%20CD.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4543/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa anak-anak cenderung lebih menghafal huruf hijaiyah dibandingkan mengenal hurufnya Selain itu masih kurangya penggunaan media pembelajaran atau alternatif lain, sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang efektif. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. pembelajaran dengan media flashcard mengalami peningkatan dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media flashcard. Terbukti bahwa pengenalan huruf hijaiyah dengan media flashcard mengalami peningkatan yaitu 0,58 dari hasil pretest sebelumnya sebesar 2,56 meningkat menjadi 3,14. Sedangkan kelompok yang tidak menggunakan media flashcard mengalami peningkatan dari hasil pretest sebelumnya sebesar 2,4 tanpa perlakuan berubah menjadi 2,86. Dengan demikian berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat peningkatan pada pembelajaran dengan media flashcard dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah kecamatan Sukaraja Bengkulu, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.