PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 (K-13) DI SMP NEGERI 1 KEPAHIANG
Main Author: | Hamdani,, Hamdani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4520/1/FULL%20SKRIPSI%20.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4520/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru PAI, dan untuk mengetahui masalah- masalah yang di hadapi guru PAI terkait penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di dalam pembelajaran. Jenis penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses penerapan kurikulum 2013 yang dilakukan guru PAI terdiri dari persiapan guru PAI yang meliputi: mengikuti pelatihan kurikulum 2013 dan menyusun perangkat pembelajaran (prota, promes, analisis silabus dan menyusun RPP) sesuai format kurikulum 2013. Problem guru PAI dalam menerapkan kurikulum 2013 terdiri dari dua kategori yaitu problem teoritik meliputi: sulitnya guru PAI mengubah mindset kebiasaan lama dalam mengajar, rendahnya pemahaman guru PAI terhadap pendekatan saintifik, dan rendahnya pemahaman guru PAI terhadap penilaian autentik. Kemudian Problem teknis meliputi: kurang maksimalnya pelatihan kurikulum 2013, tidak tersedianya buku pegangan guru maupun siswa, kondisi siswa kurang mendukung dan waktu yang kurang memadai untuk melaksanakan pendekatan saintifik.