STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN NASABAH PEMBIAYAAN MIKRO (Studi Pada PT BNI Syariah Kantor Cabang Bengkulu)

Main Author: Widia, Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4492/1/skripsi%20rahma%20w%20pdf.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4492/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi relationship marketing dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro untuk melakukan pembayaran pada bank. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu data primer serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, vertifikasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Strategi Relationship Marketing yang membahas dari 3 indikator kepercayaan, komunikasi dan komitmen dapat meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro yang telah melakukan kemacetan dalam pembayaran pada bank yaitu melihat dari beberapa bentuk yang telah dijalankan dan dibahas dalam penerapan strategi relationship marketing pada PT BNI Syariah cabang Bengkulu bahwa Strategi relationship marketing sangat dapat berpengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro dalam melakukan pembayaran pada Bank melihat dari adanya indikator-indikator yang telah diterapkan serta dengan adanya mentenen yang dijalankan setelah akad oleh Bank terhadap nasabah agar kemacetan pembayaran nasabah pembiayaan mikro pada Bank berkurang sehingga kedisiplinan nasabah meningkat.