PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE AMSAL DENGAN KONVENSIONAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 70 BENGKULU TENGAH

Main Author: Sahyodi,, Imron
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4395/1/skripsi%20Imron%20Sahyodi.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4395/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang terjadi di SD Negeri 70 Bengkulu Tengah, antara lain: hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), siswa kurang aktif dan kurang memiliki rasa percaya, guru belum melaksanakan keterampilan dalam variasi pembelajaraan, pembelajaran yang dilakukan oleh kurang variatif lebih banyak menggunakan metode ceramah dan mencatat, media pembelajaran juga belum dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Amsal dengan Konvensional pada mata pelajaran PAI siswa di kelas IV SD Negeri 70 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian kuantitatif komparatif, dengan sampel 24 siswa kelas kontrol dan 24 siswa kelas eksperimen, instrument yang digunakan ialah soal evaluasi pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test kelas Eksperimen yaitu 75,63 dan nilai rata-rata post test kelas Kontrol yaitu 70,63. Nilai t di atas selanjutnya dibandingkan dengan dk = 46, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka ttabel = 2,013. Dengan demikian, thitung > ttabel (2,38 > 2,013) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode amsal dengan metode konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IV SD Negeri 70 Bengkulu Tengah, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak..