PERBANDINGAN TEORI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MARIA MONTESSORI DAN JEAN PIAGET SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Main Author: Wulandari, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4375/1/SKRIPSI%20AYU%20WULANDARI%20.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4375/
Daftar Isi:
  • Permasalahan di penelitian ini adalah Perbandingan teori pendidikan anak usia dini Maria Montessori dan Jean Piaget serta relevansinya dengan pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan anak usia dini dari pemikiran Maria Montessori dan Jean Piaget, melihat persamaan dan perbedaan dari kedua ahli tersebut dalam hal pendidikan anak serta mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian digunakan untuk memecahkan masalah dengan menganalisis data atau teori yang bersumber dari buku-buku. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa teori yang dikemukakan Maria Motessori dan Jean Piaget meliputi konsep sebagai gagasan pemikiran tentang pendidikan anak, tahap perkembangan anak, metode pembelajara, serta lingkungan pendidikan. Di dalam teori yang telah dibahas antara maria dan jean memiliki kesamaan dan perbedaan dalam masing-masing teorinya. Kemudian teori pendidikan anak usia dini dari Maria Montessori dan Jean Piaget memiliki relevansi dengan pendidikan Islam meliputi konsep sebagai gagasan pemikiran tentang pendidikan anak usia dini adalah pemberian pendidikan dan pengajaran dari pendidik kepada anak didik yang diharapkan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan. Tahap-tahap perkembangan anak, tahap pertama 0 sampai 6 tahun Tahap kedua usai 6 sampai 11 tahun, Tahap ketiga usia 11 sampai 18 tahun Metode pembelajaran anak, setiap pengajar mempunyai tugas menyiapkan stimulasi yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak dan selalu memberikan pengawasan kepada anak disetiap kegiatan yang dilakukannya. Lingkungan pendidikan, lingkungan sekolah menjadi bagian terpenting dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan untuk anak mulai dari kurikulum pengajaran di sekolah, teman-teman, serta guru mempunyai andil dalam proses pendidikan anak.