ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 14 SELUMA

Main Author: Janiarti,, Puji Astin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4356/1/skripsi%20puji%20pdf.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4356/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran outing class pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di SD Negeri 14 Seluma dan apakah strategi outing class dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 14 Seluma. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran outing class pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di SD Negeri 14 Seluma dan mendeskripsikan strategi outing class dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 14 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sebagai data primer adalah siswa kelas V dan data sekunder yaitu guru kelas yang mengajar mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil pengamatan dan observasi di lapangan strategi outing class sudah dilakukan oleh guru di kelas V SD Negeri 14 Seluma sesuai dengan langkahlangkah pada strategi pembelajaran tersebut. Adapun pembelajaran yang sudah dilakukan adalah dimulai dari perencanaan RPP, silabus, metode, media dan peralatan yang digunakan, pelaksanaan dilakukan di luar kelas dan setelah pembelajaran dilakukan maka ada evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dapat dilihat bahwa dengan menggunakan strategi outing class maka guru SD Negeri 14 dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar IPA siswa yang meningkat setelah dilakukan pembelajaran outing class.