PENGARUH METODE SRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU

Main Author: Utami,, Vivi Suryani Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4352/1/SKRIPSI%20VIVI%20SURYANI%20PUTRI%20UTAMI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4352/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ditemukan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 masih kurang, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih metode membaca yang efektif, sehingga memunculkan permasalahan adakah pengaruh metode SAS Terhadap keterampilan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di SD Negeri 101 kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 Kota Bengkulu. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperimen. Data penelitian akan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan Uji t dimana thitung sebesar 2,506 lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,684 (thitung > ttabel,(0,05) = 2,506 > 1,684). Syarat ada tidaknya pengaruh antar variabel adalah thitung harus lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% ataupun 1%, dalam penelitian ini peneliti menggunakan taraf signifikan 5%, sehingga pada penelitian ini, hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu, sedangkan (Ho) ditolak yaitu tidak ada pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu.