PENERAPAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTESIS (SAS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 41 KABUPATEN KAUR

Main Author: Arpani, Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4325/1/SKRIPSI%20ARI%20ARPANI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4325/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran keterampilan menulis siswa sebelum menggunakan metode Struktural Analitik Sintesis (SAS) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar Negeri 41 Kaur, untuk mengetahui peningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dengan metode Struktural Analitik Sintesis (SAS) di kelas II Sekolah Dasar Negeri 41 Kaur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II SD Negeri 41 Kaur sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Proses pembelajaran menulis dengan menerapkan metode Struktural Analitik Sintesis (SAS) sudah berjalan dengan baik, baik dari segi aktivitas guru maupun dari segi aktivitas siswa. Hal ini terlihat peningkatan dari tiap siklus seperti yang didapatkan dari analisa data observasi. Pembelajaran dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintesis (SAS) dapat meningkatkan hasil siswa dalam menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar Negeri 41 Kaur. Hal ini terlihat dari terjadinya peningkatan persentase kemampuan menulis siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II. Kemampuan menulis siswa secara klasikal pada siklus I diperoleh persentase 44,12% dengan 15 orang siswa yang mampu menulis dari 34 orang siswa kemudian pada siklus II diperoleh persentase kemampuan menulis secara klasikal 91,18% dengan 31 orang siswa yang mampu menulis dari 34 orang siswa.