STRATEGI PEMBELAJARAN DILUAR KELAS (OUTING CLASS) DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI PAUD NEGERI PEMBINA BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG

Main Author: Ernalia, Yuli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4322/1/SKRIPSI%20YULIRMALIA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4322/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini dimana terdapat anak yang belum memiliki ingatan yang tajam mengenai detail hewan dan tumbuhan, tidak suka mengamati dan mengingat hal-hal dari lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran di luar kelas (outing class) dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak di PAUD Negeri Pembina Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tentang strategi pembelajaran di luar kelas (outing class) dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak di PAUD Negri Pembina Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian Percobaan Pre Eksperimental Design yang di laksanakan dalam dua siklus yaitu pretest, posttest ke-1, posttest ke-2 dan posttest ke-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument tahap pra pengembangan (observasi,dokumentasi dan ceklis). Hasil penelitian menunjukan bahwa stragi pembelajaran di luar kelas (outing class) dapat mengembangkan kecerdasan naturalis anak. Dapat dilihat dari sebelum dilakukan strategi pembelajaran di luar kelas (outing class) nilai rata-rata kecerdasan naturalis anak adalah 19,25 sedangkan setelah dilakukan pembelajaran di luar kelas (outing class) kecerdasan naturalis anak meningkat menjadi 33,50. Dengan perhitungan uji wilxocon dengan nilai signifikan 0,000 < nilai a yaitu 0,05.