PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DENGAN METODE CERITA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VA DAN VB SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU
Main Author: | Ningrum,, Dian Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4318/1/SKRIPSI%20DIAN%20NOVITA%20NINGRUM.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4318/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keaktifan belajar Bahasa Indonesia antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode simulasi dengan metode cerita pada kelas VA dan VB di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelas VA berjumlah 38 orang sebagai kelompok eksperimen dan VB berjumlah 39 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran yaitu simulasi dan cerita, variabel terikat yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia dan variabel kontrol yaitu keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimental Design dengan pendekatan kuantitatif komprasional. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Anova Dua Jalur (Two Ways- Anova). Dapat dilihat dari hasil hipotesis terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, Fa (hitung) < Fa (tabel) atau 2,9 > 3,91 taraf signifikansi 0,01, karena Fa (hitung) lebih kecil dari Fa tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada perbedaan hasil belajar yang di ajar menggunakan metode simulasi dengan metode cerita di tinjau dari keaktifan belajar siswa.”Ha ditolak dan Ho diterima.