PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN SISWA SDN 06 KAUR
Main Author: | Khulbania,, Maya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4315/1/Maya%20Khulbaniah.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4315/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang ada di SD Negeri 06 Kaur seperti memecahkan masalah siswa masih banyak yang belum mencapai nilai KKM pada mata pelajaran matematika, guru masih kurang kreatif dalam memberikan model dan metode pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil BelajarMata Pelajaran Matematika Materi Kelipatan Dan Faktor Bilangan Di SD Negeri 06 Kaur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design.. Teknik analisa data menggunakan uji t. teknik sampel dalam penelitian ini semua siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IV A 20 orang dan kelas IV B 20 orang dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian mengambil dua kelas ini dijadikan sampel yaitu kelas IVA kelas experiment dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik pengumpulan data dapat dilihat dari hasiluji t terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 5,465 sedangkan ttabel dengan df = 38 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,024. Dengan demikian thitung > ttabel (5456 > 2,024) yang berarti (Ha) dalam penelitian diterima, yaitu terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran MAKE A MATCH terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi kelipatan dan faktor bilangan siswa SDN 06 Kaur.