PENGARUH PROFESIONALITAS GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 01 KOTA BENGKULU
Main Author: | Ibriansyah,, Oki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4312/1/skripsi.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4312/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh profesionalitas guru terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi awal di SMAN 01 Kota Bengkulu, fenomena yang penulis lihat di lapangan bahwa siswa kurang berminat dalam belajar dikarenakan seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran kurang bisa membuat siswa tertarik dalam belajar, guru kurang menggunakan media atau metode dalam belajar dengan tepat, dan guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dalam melakukan pengajaran, sehingga siswa kurang berperan aktif dan berantusias dalam belajar. Guru jarang mengguna media dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar terkesan membosankan dan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran kurang sehingga hasil materi pelajaran kurang maksimal diterima siswa, sedangkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran sangat dibutuhkan agar siswa dapat memiliki minat dalam belajar, dikarenakan siswa yang memiliki minat dan memiliki keberhasilan belajar. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana dari sejumlah angket yang diisi oleh siswa yang berjumlah 28 orang siswa kelas XI bertempat di SMAN 01 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh profesionalitas guru terhadap minat belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh Profesionalitas Guru dengan Minat Belajar Siswa dilakukan dengan menggunakan Uji t. Dari tabel diperoleh nilai t=3,567 dengan nilai p=0,001. Karena nilai p<0,05 maka secara statistik dapat dikatakan bahwa ada pengaruh Profesionalitas Guru dengan Minat Belajar Siswa.