PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V MI AL-ISLAM KOTA BENGKULU
Main Author: | Rolita Anggraini, Ummi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4276/1/SKRIPSI%20UMMI%20ROLITA%20A.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4276/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas V yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik dari pada menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VB berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VC berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Picture and Picture dan model pembelajaran Example Non Example sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik dari pada menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas VB yang menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 26 orang siswa (88%) mendapatkan nilai 69,9 sampai 90,3 dengan rata-rata 80sedangkan hasil belajar kelas VC yang menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example sebanyak 23 orang siswa (70%) mendapatkan nilai 58,2 sampai 79,6 dengan rata-rata 69. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 3,686 dan nilai ttabel untuk df= 47 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,684. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel(3,686 > 2,684).