RELEVANSI TEORI KONVERGENSI TERHADAP KEBERHASILAN MAHASANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN BENGKULU

Main Author: Monita, Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4270/1/skripsi%20diana%20pdf.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4270/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi teori konvergensi terhadap keberhasilan mahasantri dalam menghafal al-Qur‟an di Ma‟had AlJami‟ah IAIN Bengkulu. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasantri putri Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Bengkulu. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Setelah itu data diuji hipotesis meliputi uji regresi linier sederhana. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik Nonprobability sampling berupa purposive sampling. Dan analisis yang digunakan adalah analisi regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori konvergensi memiliki relevansi terhadap keberhasilan menghafal al-Qur‟an. Hal ini dibuktikan berdasarkan sebesar 2,239 sedangkan sebesar 2,060 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil tersebut lebih besar daripada . Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat relevansi teori konvergensi terhadap kemampuan menghafal alQur‟an mahasantri sebesar 16,2% sedangkan sisanya 83,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.