PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 01 TANJUNG SAKTI PUMU KABUPATEN LAHAT

Main Author: Handayani, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4268/1/SKRIPSI%20SRI%20HANDAYANI%20NIM.1516240044.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4268/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN.01 Tanjung Sakti PUMU Kabupaten Lahat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen Semu), desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sedangkan pengambilan sampel dengan teknik Sampling Jenuh, karena semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VA berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB berjumlah 20 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media animasi sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran IPA di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari hasil Posttest kelas VA (kelas eksperimen) memiliki nilai rata-rata 80,75 sedangkan hasil Posttest kelas VB (kelas kontrol) memiliki nilai rata-rata 68. Hasil ini dilihat juga dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 6, 7079. apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan df 38 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,024 dengan demikian thitung  ttabel (6, 7079  2,024) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh media film animasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN.01 Tanjung Sakti PUMU Kabupaten Lahat.