MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN 2 BENGKULU KELAS XI IPA
Main Author: | Wiranata,, Koko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4256/1/paket%20skripsi.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4256/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di MAN 2 Bengkulu.Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengadakan observasi, kuisioner atau angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata perlajaran Al-Qur‟an Hadits yaitu perasaan senang terhadap mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits sebesar (93%) siswa menyatakan memiliki rasa senang untuk mengikuti pelajaran Al-Qur‟an Hadits dan (7 %) siswa yang menyatakan tidak memiliki rasa senang untuk mengikuti pelajaran Al-Qur‟an Hadits, semangat siswa dalam mengikuti pelajaran Al-Qur‟an Hadits sebesar (96%) siswa memilkiki semangat dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur‟an Hadits dan (4 %) tidak memiliki semangat, ketertarikan terhadap mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits sebanyak (97 %) siswa memiliki ketertarikan terhadap mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits dan (3%) tidak, perhatian guru sebesar (93%) siswa memperhatikan guru ketika menjelaskan pembelajaran sedanagkan (7%) tidak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Semua faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan minat belajar siswa.