PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJARAL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MARJAN KOTA BENGKULU

Main Author: Lestari, Metalia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4234/1/METALIA%20LESTARI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4234/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V SD IT Al-Marjan Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadits SiswaKelas VSD IT Al-Marjan Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini bersifat regresi karena hendak berusaha mencari pengaruh antara Variabel bebas (X) terhadap Variabel terikat (Y). Dalam penelitian ini variabel Independent (variable bebas) adalah pengaruh reward dan punishment sedangkan dependent (variable terikat) berupa motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V SD IT Al-Marjan Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai “r” hitung 0,472 dengan N= 26 pada df 24 taraf signifikansi 5% sebesar 0,388. Sedangkan hasil hitung rxysebesar 0,472 ternyata lebih besar dari pada “r” table pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V SD IT Al-Marjan Kota Bengkulu dapat diterima. Pemberian reward and punishment memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 22,27 % dan sisanya yaitu 77,3 % ditentukan oleh variabel lain.