IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WHERDA PROVINSI BENGKULU

Main Author: Dahyani, Arci Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4224/1/ARCI%20NOVITA%20DAHYANI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4224/
Daftar Isi:
  • Rumusan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Agama Islam untuk Lansia di Panti Sosial Tresna Wherda Provinsi Kota Bengkulu ? 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan agam Islam di panti Sosial Tresna Wherda Provinsi Bengkulu ?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Implementasi pendidikan agama Islam untuk lanjut usia di Panti Sosial Tresna Wherda Provinsi Bengkulu antara lain : Ceramah keagamaan (pengajian), Pembinaan Ibadah (Shalat Berjama’ah) yang dilaksanakan lima waktu dalam sehari yaitu subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya’, dan Pembinaan Bacaan dan Hafalan Surat-Surat pendek dalam juz 30. 2) Faktor-faktor yeng mempengaruhi pendidikan agama Islam untuk lanjut usia di Panti Sosial Tresna Wherda Provinsi Bengkulu adalah : Faktor pendukung yang berupa: pembina keagamaan (ustadz dan ustadzah) yang mumpuni, lingkungan yang kondusif, fasilitas pondok lansia yang memadai, dan minat serta motivasi lansia yang tinggi dalam mengikuti pendidikan agama Islam. Faktor penghambat yang berupa: menurunnya kondisi fisik lansia dan latar belakang lansia yang beragam.