STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 KAUR
Main Author: | Franolo, Fransis Carius |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4206/1/FRANSIS%20CARIUS%20FRANOLO.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4206/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur Tahun 2019, 2) kegiatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur Tahun 2019 , 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembinaan akhlak siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur. Diantaranya dengan: a) menjalin kerjasama dengan aparat sekolah, b) menjalin kerja sama dengan orang tua murid, c) memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif, d) melalui pendekatan pembiasaan, e) melalui pendekatan emosional dan personal, f) melalui pendekatan ketauladanan, g) mengadakan kegiatan ekstrakurikuer keagamaan dan h) penyampaian hikmah. Selain peneliti menemukan beberapa strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan akhlak siswa antara lain: 1) budaya senyum, sapa, salam, 2) membaca do‟a dan asmaul husna di pagi hari, 3) pembinaan saat upacara bendera, 4) budaya sholat dzuhur dan sholat duha berjamaah, 5) budaya pundi amal (shodaqoh), 6) istiqosah. Selain itu peneliti juga menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kaur. Faktor pendukung itu antara lain: 1) faktor guru, 2) lingkungan keluarga, 3) komitmen bersama. Sedangkan faktor penghambatnya anatara lain: 1) Faktor internal (fasilitas kurang mendukung, masih kurangnya kesadaran), 2) Faktor Eksternal (faktor pendidik, faktor lingkungan, dan faktor orang tua).