PERBEDAAN HASIL HAFALAN AL-QUR’AN SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE TAKRIR DENGAN METODE KITABAH DI KELAS IV MIN 2 KOTA BENGKULU

Main Author: Nurhidayati, Laili
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4186/1/LAILLI%20NURHIDAYATI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4186/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam skripsi ini adalah terdapat beberapa penghafal Al-Qur‟an yang belum mencapai targetnya dalam menghafal Al-Qur‟an dikarenakan beberapa faktor, salah satunya metode yang digunakan kurang sesuai untuk menghafal, sehingga menjadi hambatan untuk mencapai target hafalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil hafalan AlQur‟an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di kelas IV MIN 02 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV D yang mengikuti ekstrakulikuler Tahfizh berjumlah 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV E yang mengikuti ekstrakulikuler Tahfizh berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode Takrir dan metode Kitabah sedangkan variabel terikat yaitu hasil hafalan Al-Qur‟an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda yang terdiri dari pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil hafalan Al-Qur‟an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di MIN 02 Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas IV D yang menggunakan metode Takrir yaitu dalam kategori tinggi sebanyak 3 orang siswa (12%) mendapatkan nilai 93,23 ke atas sedangkan hasil belajar kelas IV E yang menggunakan metode Kitabah yaitu dalam kategori tinggi sebanyak 1 orang siswa (4%) mendapatkan nilai 82,67. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 2,355 dan nilai ttabel untuk df= 48 dengan taraf signifkan 5% adalah 1,677. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,355 > 1,677). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil hafalan Al-Qur‟an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di kelas IV MIN 02 Kota Bengkulu