PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVA DI SD NEGERI 53 DARAT SAWAH ULU KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Main Author: | Putra, Jumadi Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4185/1/JUMADI%20IKA%20PUTRA.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4185/ |
Daftar Isi:
- Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi Learning Starts With a Question terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas IVA di SD Negeri 53 Darat Sawah Ulu Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian yaitu Kelas IVA sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data soal tes dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik korelasi product moment. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji komparatif (uji t). Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dari hasil post test yang telah diperoleh Kelas IVA dengan nilai rata-rata sebesar 75,42 dan Kelas IVB dengan nilai rata-rata yaitu 71,58 dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh strategi Learning Starts With a Question terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas IVA di SD Negeri 53 Darat Sawah Ulu Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan, dengan hasil uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (3,47 > 2,00) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.