TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN BUKU TABUNGAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI BENGKULU (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Bengkulu)

Main Author: Ismawati, Ismawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4128/1/ISMAWATI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4128/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan terhadap pelayanan pembuatan buku tabungan pada Bank Syariah Mandiri Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Tekhnik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan model Purposive sampling dan Convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik data primer dan data sekunder berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan study kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan data reducation (reduksi data) dan data display (penyajian data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan pihak bank belum bisa dikatakan sempurna dikarenakan banyak yang belum puas. Untuk menentukan tingkat kepuasan peneliti menggunakan indicator pelayanan yaitu ada 5 (lima) komponen diantaranya keandalan (reability) berupa kemampuan dalam memberikan jasa sesuai dengan yang dijanjikan, daya tanggap (responsiveness) berupa kemampuan dari karyawan dan pengusaha untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat serta mendengar dan mengatasi keluhan dari konsumen, jaminan (assurance) berupa kemampuan karyawan untuk menimbulkan keyakinan dan kepercayaan terhadap janji yang telah dikemukakan, empati (emphaty) kesediaan karyawan untuk lebih peduli memberikan perhatian secara pribadi kepada nasabah, keberwujuan (tangible) jasa yang dilihat dari konsumen berupa penampilan fasilitas fisik yang dirasakan langsung oleh nasabah merupakan point utama.