UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SDN 66 KOTA BENGKULU

Main Author: Agustin, Denis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4127/1/DENIS%20AGUSTIN.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4127/
Daftar Isi:
  • Kurangnya kesadaran guru dalam melakukan pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran, dalam hal ini guru hanya menggunakan metode ceramah dalam mengajar, sedangkan pembelajaran IPA menuntut anak-anak untuk lebih aktif dan bereksperimen terhadap yang mereka pelajari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 66 Kota Bengkulu? Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, lembar tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 66 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus yang berkisar 25% kemudian setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan menjadi 54% pada siklus I dan 89% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Penggunaan dan penerapan model pembelajaran Picture And Picture juga dapat mempermudah transfer pengetahuan dengan adanya gambar sebagai objek nyata bagi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture di SDN 66 Kota Bengkulu.