PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 18 SELUMA

Main Author: Putri, Kiki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4125/1/KIKI%20PUTRI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4125/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 18 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah 62 siswa. Dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), nilai raport dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I−VI Sekolah Dasar Negeri 18 Seluma yang berjumlah 162 siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 18 Seluma. Berdasrkan hasil pehitungan melalui uji jalur besarnya pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,218. Sementara pengaruh tidak langsung melalui motivasi belajar yaitu 0,09405 (pengaruh langsung = 0,218 >0,09405 pengaruh tidak langsung). Hal tersebut berarti pada penelitian yang dilakukan memiliki pengaruh langsung yang kuat. Koefisien pengaruh tidak langsung melalui motivasi menunujukkan nilai t hitung > t tabel dengan taraf kesalahan 5% maka dapat disimpulkan bahwa koefisien mediasi 0,09405 signifikan, yang berarti terdapat pengaruh (t hitung = 1,99880> t tabel = 1,67303). Jadi,terdapat pengaruh fasilitas terhadap motivasi dan hasil belajar.