PENGARUH POLA PEMBINAAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 19 KOTA BENGKULU

Main Author: Novita Ratdianti, Dhea
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3936/1/DHEA%20NOVITA%20RATDIANTI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3936/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh ketidakdisiplinan siswa dalam menaati aturan dan tata tertib disekolah, seperti datang terlambat, keluar masuk saat proses pembelajaran berlangsung, tidak mematuhi tata tertib di kelas dan lain sebagainya. hal ini di karenakan kurangnya kesadaran dari siswa untuk menaati peraturan yang telah ditetapkan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola pembinaan terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII dalam mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan November 2018 di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII yang dipilih secara acak yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pola pembinaan terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII dalam mata pelajaran pendidikan agama islam. Dan dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa pola pembinaan siswa menempati golongan sedang. Hal ini terlihat dari tabel presentase yaitu sebanyak 19 sampel (64,43%) berada pada kategori sedang. kemudian hasil presentase kedisiplinan siswa berkategori tinggi yaitu sebanyak 8 sampel (25,57%)`. Dan juga dilihat hasil regresi sederhana yaitu Y=21,32+0,74 dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,344. Dengan demikian Maka hipotesis nilai atau (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternative (Ha) yang berbunyi “Adakah pengaruh pola pembinaan terhadap kedisiplianan siswakelas VIII dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu” diterima.