PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AYAT AL-QUR’AN DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS SISWA KELAS III MI PLUS JA’AL HAQ KOTA BENGKULU

Main Author: Seruni, Seruni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3931/1/SERUNI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3931/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti melakukan observasi di MI Plus Ja’al Haq Kota Bengkulu yang beralamat di Jalan Bhayangkara, Sido Mulyo, Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Dari sana ternyata tidak terdapat pengaruh metode drill terhadap kompetensi menulis ayat Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas III MI Plus Ja’al Haq Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Plus Ja’al Haq yang berjumlah 72 anak. Penelitian dilakukan pada tanggal 15 Juli sampai 10 Agustus 2019. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode drill terhadap kompetensi menulis ayat Al-Qur’an surah At-Takatsur dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas III MI Plus Ja’al Haq. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh metode drill terhadap kompetensi menulis ayat Al-Qur’an siswa kelas III MI Plus Ja’al Haq Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari thitung yang diperoleh adalah 0,035, sedangkan ttabel adalah 2,074. Ini menunjukkan bahwa thitung < ttabel, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh metode drill terhadap kompetensi menulis ayat Al-Qur’an siswa kelas III MI Plus Ja’al Haq Kota Bengkulu.