PENGARUH BIMBINGAN MENGAJI DI MASJID TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADASISWA SDN 80 BENGKULU SELATAN

Main Author: Manyasari, Erda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3927/1/ERDA%20MANYASARI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3927/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh bimbingan mengaji di Masjid Nur Ikhlas teradap hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa SDN 80 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbinganmengaji di Masjid terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa SDN 80 Bengkulu Selatan. Bimbingan mengaji di Masjid tersebut untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif merupakan metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 80 Bengkulu Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 32% dari populasi, yaitu berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pendidikan agama Islam di SDN 80 Bengkulu Selatan dapat dikatakan tergolong kedalam kategori kualifikasi tinggi karena hampir 75% siswa mengikuti kegiatan mengaji di Masjid dengan nilai rata-rata 7,6. Sedangkan hasil perhitungan korelasi antara angket dengan raport yang sudah diketahui nilainya yaitu 6,356 dan sig 0,000 sig 0,005 (5%) artinya Ha ditolak dan Ho diterima