PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 03 KAUR

Main Author: Deka Sari, Novi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3926/1/NOVI%20DEKA%20SARI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3926/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai gerakan dan bacaan sholat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan bacaan shalat siswa di MTs Negeri 03 Kaur? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan bacaan shalat siswa di MTs Negeri 03 Kaur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran Fikih materi gerakan dan bacaan shalat terbukti meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas VII MTs Negeri 03 Kaur. Hal ini terlihat dari tingkat persentase ketuntasan dan hasil aktifitas siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan sebanyak dua siklus sudah berjalan dengan baik, baik dari aktivitas siswa, guru maupun dari hasil belajar yang diperoleh siswa telah mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 62 % menjadi 82 %.Berdasarkan hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran Fikih dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan prestasi siswa kelas VII MTs Negeri 03 Kaur.