USAHA GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 19 BENGKULU TENGAH
Main Author: | Arlena, Surati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3911/1/SURATI%20ARLENA.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3911/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) usaha guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 19 Bengkulu Tengah, dan 2) faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 19 Bengkulu Tengah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan wawancara, dokumentasi dan observasi, kemudian diolah dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) usaha guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah: memberikan hukuman dan hadiah, memberikan tugas, menumbuhkan minat, mengadakan ulangan dan menjelaskan tujuan akhir pembelajaran, 2) faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang lengkap, lingkungan yang aman dan nyaman, tenaga pengajarnya yang profesional, dan adanya dukungan dan kerjasama dari guru-guru lain. Sedangkan penghambatnya adalah semangat belajar dari siswa, karena memang kadang-kadang mereka terpengaruh dari lingkungan tempat mereka bergaul di luar sekolah, kemampuan guru agama yang kurang mumpuni.