PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU

Main Author: Anggi Riayana, Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3851/1/WIDYAANGGI%20RIAYANA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3851/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar IPS Siswa di kelas IV A SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran IPS di kelas siswa masih pasif dan kurang percaya diri, cenderung pada pendekatan kovensional ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi eksperimen, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test. Hasil penelitian ini adalah thitung> ttabel (3,531 > 2,024) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, ternyata terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Sedangkah hipotesis nihil (Ho) ditolak. Perbandingan hasil dari posttest nilai rata- rata kelas Eksperimen dan kelas Kontrol, ialah pada kelas eksperimen sebesar 81, sedangkan kelas kontrol sebesar 70. Dengan melihat hasil nilai rata- rata dari kedua kelas tersebut, maka dapat diketahui bahwa nilai rata- rata posttest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata- rata posttest pada kelas kontrol.