PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM KETERAMPILAN EKSPOSISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU

Main Author: Zaura, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3850/1/SITI%20ZAURA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3850/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih kurangnya keterampilan eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini karena dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia masih pasif, guru belum menggunakan model dan metode yang bervariasi dan pembelajaran masih cenderung pada metode ceramah dan media yang digunakan hanya buku cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam keterampilan eksposisi pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Metode menggunakan kuantitatif dengan pendekatan eksprimen serta desain quasi eksprimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Kota Bengkulu sebanyak 177 siswa. Peneliti mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas V C berjumlah 35 orang sebagi kelas eksprimen dan kelas V D berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel memakai sampling purposive. Teknik pengumpulan data menngunakan observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : hasil pengujian uji “t” terhadap posttest kedua kelompok diperoleh t hitung = 2,1403 sedangkan t tabel dengan df 68 (70-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 1,995. Dengan demikian t hitung ˃ t tabel (2,1403 ˃ 1,995) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam ini penelitian diterima, yaitu terdapat pengaruh model cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam keterampilan eksposisi pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Kota Bengkulu