PERBANDINGAN ANTARA PRESTASI SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BAMBOO DANCING DENGAN MODEL INSIDEOUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS V SDN 06 SELUMA

Main Author: Aditya Minadari, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3840/1/DWI%20ADITYA%20MINADARI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3840/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Perbandingan Antara Prestasi Siswa yang Belajar Menggunakan Model Bamboo Dancing (Tari Bambu) dengan Model Inside-Outside Circle (Lingkaran Besar-lingkaran Kecil) Pada Mata Pelajaran IPA dikelas V di SDN 06 Seluma yang terdiri dari satu kelas. Peneliti mengambil kelas V untuk dijadikan sampel yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (PreEksperimental Design) dengan bentuk desain Time Series Design.. Desain penelitian ini menggunakan satu kelompok saja, sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06 Seluma yang berjumlah 25 orang, dan teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan uji t paired sample. ditemukan bahwa prestasi siswa menggunakan model bamboo dancing mengalami peningkatan, dilihat fari nilai pretes sebesar 54.132 dan nilai posttest sebesar 71.724. sedangkan prestasi siswa menggunakan model inside-outside circle mengalami peningkatan, dapat dilihat dari nilai pretes sebesar 55.204 dan nilai posttest sebesar 68.804. selanjutnya, berdasarkan hasil nilai uji hipotesi dengan menggunakan t hitung sebesar 2.098 dengan nilai probabilitas (sig) = 0.047<0.05, maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa pada pembelajaran model bamboo dancing dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran model inside-outside circle pada pembelajaran IPA di SDn 06 Seluma. Dimana, pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing prestasi belajar siswa lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inside-outside circle.